Kisi-kisi Materi UKPPPG 2025

Berdasarkan Petunjuk Teknis Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) Guru Tertentu 2025

1.

Pedagogik

Deskripsi

Menguasai dan menerapkan pengelolaan pembelajaran peserta didik dengan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Indikator

  • Menerapkan strategi lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik
  • Menerapkan pembelajaran efektif yang berpusat pada peserta didik
  • Melakukan asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik
2.

Kepribadian

Deskripsi

Kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kemampuan kepribadian tersebut dilakukan melalui refleksi dalam menjalankan tanggung jawab sebagai guru sesuai kode etik profesi dan berorientasi pada peserta didik.

Indikator

  • Menerapkan perilaku yang mencerminkan kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik guru
  • Menerapkan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi
  • Membiasakan pentingnya menempatkan peserta didik sebagai pusat dari pembelajaran.
3.

Sosial

Deskripsi

Kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dilakukan dalam pembelajaran dan pengembangan diri.

Indikator

  • Berkolaborasi untuk peningkatan pembelajaran
  • Melibatkan orangtua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran.
  • Melibatkan diri dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas untuk peningkatan pembelajaran.
4.

Profesional

Deskripsi

Menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam untuk menetapkan tujuan pembelajaran dan pengorganisasian konten pengetahuan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Indikator

  • Menggunakan konten pembelajaran dan cara mengajarkannya
  • Menggunakan pengetahuan dalam menentukan karakteristik yang akan mempengaruhi cara belajar peserta didik
  • Menggunakan pengetahuan tentang komponen kurikulum dan cara menggunakannya untuk merancang desain pembelajaran
5.

Asesmen dan Layanan Bimbingan Konseling

Deskripsi

Kemampuan merancang dan mengadministrasikan asesmen pendidikan serta memberikan layanan bimbingan yang meliputi layanan dasar, responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem, guna mendukung pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan peserta didik secara holistik.

Indikator

  • Mampu mengadministrasikan asesmen dalam layanan bimbingan dan konseling
  • Mampu mengelola layanan dasar, khususnya layanan bimbingan klasikal
  • Mampu mempraktekkan layanan responsif
  • Mampu mempraktekkan perencanaan individual
  • Mampu menyusun rancangan kegiatan dukungan sistem
6.

Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai

Deskripsi

Kemampuan memahami filosofi pendidikan Indonesia, menginternalisasi nilai-nilai ke-Indonesia-an dalam peran sebagai pendidik dan kehidupan sehari-hari, serta berkomitmen pada nilai-nilai moral, etika, kepemimpinan dasar, dan semangat sebagai pembelajar sepanjang hayat.

Indikator

  • Mampu memahami filosofi dan tujuan pendidikan Indonesia
  • Mampu menjalankan tugas seorang guru secara profesional sesuai kode etik guru yang berlaku
  • Mampu merancang strategi pembelajaran untuk menghidupkan nilai yang melibatkan orang tua dan masyarakat
  • Mampu merancang strategi pembelajaran yang efektif dan reflektif dalam menciptakan sekolah sebagai pusat menghidupkan nilai
  • Mampu mengembangkan strategi pengembangan diri untuk mewujudkan peran guru sebagai role model dalam menghidupkan nilai
7.

Pembelajaran Sosial Emosional

Deskripsi

Kemampuan untuk menganalisis pentingnya pembelajaran sosial emosional beserta implikasinya terhadap peserta didik dan lingkungan pembelajaran, menerapkannya berdasarkan kerangka yang tepat, serta mengembangkan sikap profesional yang menjunjung tinggi etika, bertanggung jawab, dan mandiri dalam mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan sosial emosional dalam praktik pembelajaran.

Indikator

  • Memahami konsep pembelajaran sosial emosional dan implikasinya dalam pembelajaran sesuai nilai-nilai kemanusiaan
  • Memahami faktor yang mempengaruhi sosial emosional individu berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif untuk kepentingan pembelajaran sesuai bidang keilmuannya
  • Menerapkan pembelajaran sosial emosional dalam profesionalisme sebagai guru sesuai bidang keilmuannya
  • Menganalisis pentingnya pembelajaran sosial emosional dan implikasinya pada siswa dan lingkungan pembelajaran terkait bidang keilmuannya
  • Menerapkan keterampilan sosial emosional dalam pembelajaran yang berkelanjutan demi meningkatkan mutu kehidupan masyarakat yang sesuai bidang keilmuannya